Nyeri Perut Kiri Bawah, Penyebab Nyeri Perut Bagian Bawah dan cara Mengatasinya

Nyeri perut adalah keluhan umum yang sering ditemui dan memiliki sebab yang sangat luas. Lokasi nyeri perut dapat menjadi petunjuk penyebab nyeri berdasarkan letak organ perut. Nyeri perut pada bagian kiri bawah dapat berkaitan dengan gangguan otot perut, organ reproduksi, saluran kemih, atau saluran cerna.

GEJALA
Nyeri perut pada bagian kiri bawah dapat disertai berbagai gejala lain berdasarkan penyebab dasarnya. Gejala saluran cerna lain yang dapat menyertai antara lain keram perut, kembung, kesulitan buang air besar, mencret, mual, dan muntah. Selain itu, dapat terjadi gejala tambahan lain seperti demam, keram otot, pegal – pegal, nyeri saat buang air kecil atau besar, nyeri saat berhubungan seksual, penurunan berat badan, benjolan pada perut, serta bintik merah pada kulit. Gejala sangat bervariasi tergantung penyebab dasar nyeri perut. Nyeri perut bagian kiri bawah dapat merupakan gejala penyakit berat yang memerlukan penanganan segera, yaitu pada nyeri perut disertai perdarahan pada wanita hamil, demam tinggi, tidak dapat BAB dan disertai muntah, kekakuan perut, peningkatan denyut nadi, perdarahan dari anus, muntah darah, serta tusukan atau benturan perut.

PENYEBAB
Nyeri perut kiri bawah pada orang dewasa paling sering disebabkan oleh peradangan kantung usus (divertikulitis). Selain divertikulitis, gangguan saluran cerna lain yang dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah adalah radang usus buntu, penyakit Chron, radang permukaan usus (enteritis), radang usus yang disertai luka (kolitis ulseratif), pecahnya usus (ruptur kolon), serta sumbatan usus (akibat tumor usus, gumpalan feses). Gangguan organ reproduksi pada wanita yang menimbulkan nyeri perut kiri bawah antara lain nyeri haid, adanya jaringan rahim di luar rahim (endometriosis), kista indung telur, serta peradangan atau infeksi pada indung telur, rahim, atau mulut rahim. Pada pria, penyebab gangguan organ reproduksi antara lain hernia atau peradangan saluran sperma. Batu atau peradangan pada saluran kemih bagian kiri juga merupakan kemungkinan penyebab nyeri perut kiri bawah. Penyebab yang tidak serius juga sering terjadi, seperti nyeri otot perut atau timbunan gas pada usus.

PENGOBATAN
Pengobatan bervariasi tergantung pada penyebab dasar. Pada peradangan daerah usus, diperlukan antibiotik dan diet lunak atau cair. Sumbatan usus akibat tumor, pecahnya usus, kista, hernia, radang usus buntuk, dan batu saluran kemih mungkin memerlukan tindakan bedah. Nyeri karena haid, endometriosis, serta gangguan otot dapat dikurangi dengan pemberian obat anti-nyeri. Peradangan panggul memerlukan antibiotik.
Previous Post Next Post